Kamis, 26 Mei 2011

iklan pocari sweat emang gila!!!!

Iklan Pocari Sweat, menggila!!!



(Artikel ini ungkapan seorang penulis dari kompasiana ekonomi).
Dahsyatnya iklan pocari sweat. Ini yang saya rasakan beberapa hari atau minggu ini. Iklan yang diputar kerap membuat saya memalingkan mata atau istilahnya “eye catching”. Bahkan menjadi pembicaraan hangat di beberapa situs jejaring sosial. Iklan ini terasa ringan, santai dan “mengena”. Mari kita lihat kenapa iklan pocari sweat saya katakan dahsyat :

1. Intensitas : yap , iklan ini kerap muncul dan menurut saya sering sekali muncul. Saking seringnya iklan ini diputar sehingga menjadi pembicaraan di berbagai media sosial. Setidaknya target untuk menarik perhatian konsumen melalui intensitas iklan tercapai.


2. Trend : tampaknya pihak pocari melihat peluang dibalik trend sepeda fixie yang sedang mewabah di Indonesia. Pemanfaatan trend sepeda dikombinasikan dengan keunggulan produknya dinilai tepat oleh konsumen. Trend fixie yang bertujuan untuk hidup sehat dan memiliki tujuan untuk  dikombinasikan dengan manfaat produk pocari.
3. Jingle : jingle merupakan background lagu yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu produk dalam iklan televisi. Tidak jarang produk yang sukses karena jingle mereka disukai oleh masyarakat. Nah, iklan pocari kali ini membawa jingle yang dilantunkan denan bahasa jepang. Jingle dalam iklan ini seolah menggambarkan secara tidak langsung bahwa pocari itu berasal dari negara jepang. Dan tidak sedikit masyarakat yang mengira iklan pocari ini diambil di negara jepang padahal iklan ini diambil di Cape Town Afrika Selatan.  Dan yang paling penting, jingle ini enak didengar serta langsung mengingatkan kita akan produk  pocari.

4. Motivasi : yap, kekuatan terakhir yang saya identifikasi dari iklan ini adalah bahwa pocari menggambarkan para konsumennya sebagai generasi yang cantik, berenergi serta stylish. Walaupun tidak tersirat secara langsung, namun iklan ini memperlihatkan bahwa iklan wanita cantik itu minum pocari. Dan sebagai tambahan info, semua model iklan ini berasal dari Indonesia. Tidak ada yang menyangka karena hampir semua konsumen berpikir ini adalah iklan impor (ternyata lagunya aja yang impor..).

5. Model asli orang Indonesia!!





  



Model ini bernama Aelke Mariska, orang indonesia kelahiran tahun 1988. (gua kirain orang Jepang…)

6. Jingle dinyanyikan oleh penyanyi jazz Ryutaro Makino.
Demikian kekuatan sebuah iklan. Iklan yang baik mengkombinasikan trend, motivasi dan intensitas untuk menjaring konsumennya. Namun yang perlu digaris bawahi adalah bahwa salah satu tujuan iklan jaman sekarang adalah menjadikan iklan tersebut bahan perbincangan di situs jejaring sosial karena itu akan menjadi media promosi gratis untuk mereka.




Repost / Credit / Taken from : Kompasiana ekonomi + Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar